Wednesday, April 13, 2016

Sejarah Liga Champions Eropa atau UEFA Lengkap

Liga Champions UEFA atau ( UEFA Champions League ) adalah gelar kejuaraan yang beranggotakan klub-klub tersukses tanah Eropa untuk mempe... thumbnail 1 summary
Sejarah Liga Champions Eropa (UEFA) Lengkap

Liga Champions UEFA atau (UEFA Champions League) adalah gelar kejuaraan yang beranggotakan klub-klub tersukses tanah Eropa untuk memperebutkan trofi tingkat klub dengan reputasi tinggi.

Sejarah Liga Champions Eropa (UEFA)


Berawal dari sebuah majalah Trofi Liga Champions pun terbentuk dengan sebutan pertamanya The Big Ears yang diarsiteki oleh Stadellman.

Piala Juara Klub Eropa atau Piala Eropa memang sedikit berbeda dengan yang sekarang ini yang pada dasarnya ini sudah memasuki seri ke-6.

Tahun 1955-1956 adalah tahun pertama European Cup (Piala Eropa) digelar atau sekarang kita mengenalnya dengan Liga Champions, dengan sistem 2 leg dengan 2 kali pertandingan yang terbagi dari pertandingan tandang dan kandang.

Aturan berikutnya tim dengan skor tertinggi dapat lolos ke babak selanjutnya, selain itu hanya klub-klub pemenang liga di masing-masing negara ditambah dengan klub pemegang gelar pada waktu itu yang layak ikut perhelatan akbar ini.

Tahun 1992-1993 format dan namanya pun dirubah, terdiri dari 3 babak penyaringan yang terbagi lagi menjadi 1 babak kompetisi group pertandingan tandang dan kandang dilakukan seperti kompetisi reguler yang disusul dengan 4 babak final yang dilakukan dengan sistem gugur.

Babak kualifikasi harus dilakukan 2 leg kecuali babak final pertandingan tunggal babak penentuan juara, yang semuanya sudah diatur UEFA.

Catatan Juara Terbanyak Liga Champions Selama Ini


Sejarah Liga Champions Eropa (UEFA) Lengkap


Dalam setiap kompetisi menyisakan beberapa hasil yang memuaskan, beberapa klub berikut dinilai sebagai pemegang kejuaraan Liga Champions terbanyak antara lain :
  1. Real Madrid CF yang masih menduduki posisi puncaknya dengan raihan 10 kali juara Liga Champions.
  2. AC Milan adalah klub yang berhasil menyusul sebagai peringkat kedua dengan raihan 7 kejuaraan.
  3. FC Bayern Munchen, FC Barcelona, dan Liverpool FC, menempati posisi ketiga dengan jumlah 5 kali gelar juara.
  4. AFC Ajax yang menempati posisi berikutnya dengan catatan 4 kali gelar juara.
  5. Terakhir dengan raihan masing-masing 3 gelar juara yaitu FC Internazionale Milano dan Manchester United FC.

Baca Juga : Sejarah Liga Inggris (English Premier League)

Sistem Kualifikasi Liga Champions


Aturan dengan menentukan posisi klub-klub di liga domestik ditambah juga lewat sistem kuota, dengan penentuan negara-negara dengan liga domestik terkuat diberikan peluang lebih besar tidak hanya itu dengan prestasi tersebut juga ikut serta pada babak yang paling akhir.

Semua klub yang turut andil meramaikan kompetisi Liga Champions adalah klub-klub pilihan yang berebut untuk mengamankan posisi pertama.

Sampai saat ini sudah terkumpul 77 anggota secara keseluruhannya dan akan diambil 32 pada babak penyisihan group Liga Champions.

Mungkin itu saja mengenai penjelasan atau sejarah singkat Liga Champions (Champions League), semoga dapat membantu.

No comments

Post a Comment